Petunjuk Teknis (Juknis) Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah BOS untuk SD, SMP, SMA, dan SMK sudah diterbitkan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan (kemdikbud) dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 80 Tahun 2015 tentang Teknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Kuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah.

Pertimbangan Pemerintah Mengeluarkan Dana BOS

Upaya peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional, sehingga
perlu mendorong pemerintah daerah melakukan tindakan nyata dalam mewujudkan peningkatan mutu pendidikan bagi masyarakat terhadap pendidikan yang lebih berkualitas; dan untuk membantu pemerintah daerah mewujudkan peningkatan mutu pendidikan dan meringankan beban biaya pendidikan bagi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang lebih berkualitas, maka Pemerintah mengalokasikan dana bantuan operasional sekolah.

Apa kabar Bapak/Ibu pengelola dana BOS? Sudah terima dana BOS untuk tahun 2016? Syukurlah jika sudah. Pekerjaan berikutnya adalah pelaporan. Bapak/Ibu perlu petunjuk teknis atau juknis bagaimana cara penggunaan dan membuat laporan pertanggungjawaban dana BOS yang Bapak/Ibu terma.

Dana BOS per Siswa Tahun 2016

Pada tahun 2016 pemerintah mengeluarkan kebijakan BOS dengan satuan biaya per siswa:
  1. SD/SDLB : Rp 800.000,-/peserta didik/tahun
  2. SMP/SMPLB/Satap/SMPT : Rp 1.000.000,-/peserta didik/tahun
  3. SMA/SMK : Rp 1.400.000,00,-/peserta didik/tahun

Penyaluran Dana BOS Tahun 2016

Mulai tahun 2016 penyaluran dana BOS SMK dilakukan dengan mekanisme transfer ke provinsi yang selanjutnya ditransfer ke rekening satuan pendidikan secara langsung dalam bentuk hibah.

Lebih jelas silahkan Bapak/Ibu download Juknis BOS 2016 untuk SD, SMP, SMA, dan SMK melalui link di bawah ini.
Sekian.

Majulah Pendidikan Indonesia

Juknis BOS SMA 2016, Juknis BOS SMK 2016, Juknis BOS Dikdas 2016, Juknis BOS SD 2016, Juknis BOS SMP 2016, Junkins BOS Madrasah 2016

Label:
Posting Lebih Baru
Ini artikel terakhir.

Posting Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.