Aplikasi Dapodikdas versi 4.1.0 untuk Dikdas atau 8.4.0 untuk SMA-SMK mempunyai beberapa fitur tambahan, termasuk Validasi PTK yang belum memiliki email dan akun pengguna PTK. Oleh karena itu jika di Dapodik operator belum memasukkan email PTK maka saat validasi-refresh akan muncul pesan "PTK a/n .... belum memiliki email Lengkapi terlebih dahulu." Dan apabila operator belum membuat akun PTK di Dapodik maka saat melakukan validasi akan muncul pesan "PTK a/n .... belum memiliki akun pengguna PTK. Mohon lengkapi terlebih dahulu."

Akun PTK sangat penting karena berkaitan dengan transaksi login semua aplikasi yang dikelola oleh Ditjen GTK, salah satunya adalah cek info GTK. Agar bisa membuat akun PTK di dapodik, maka setiap guru atau tenaga kependidikan diwajibkan  memiliki email yang masih aktif yang akan didaftarkan dalam Dapodik.

Cara Membuat Akun PTK pada Aplikasi Dapodik

Cara membuat akun PTK pada aplikasi Dapodikdas dan Dapodikmen sama saja.

Buat akun PTK
  1. Masuk ke aplikasi Dapodik
  2. Klik tab PTK
  3. Pilih nama PTK
  4. Klik tombol Penugasan
  5. Klik tombol buat/ubah akun PTK
  6. Masukan kata sandi pada kotak Password dan masukkan lagi kata sandi yang sama pada kotak Konfirmasi password.
  7. Klik tombol Simpan.
Selain membuat akun, operator juga dapat melakukan ubah akun PTK dengan cara di atas.

Apa Pentingnya membuat akun PTK di Dapodik?

Telah jelaskan di atas bahwa kegunaan dari akun PTK adalah sebagai sarana multi login aplikasi yang dikelola oleh Ditjen GTK. Ini juga dimaksudkan agar data pribadi juga aman dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu PTK juga dapat melakukan pengecekan info GTK sendiri menggunakan akun PTK yang telah dibuat melalui Dapodik.

Demikian informasi tentang bagaimana Cara Membuat Akun PTK di Dapodik, semoga bermanfaat.

Bila operator belum membuat akun PTK di Dapodik maka saat melakukan validasi akan muncul pesan "PTK a/n .... belum memiliki akun pengguna PTK. Mohon lengkapi terlebih dahulu."

Label: ,

Posting Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.